Tempat Berbagi Berita, Cerita dan Derita

Kategori Yang Kalian Suka

Post ini diterbitkan pada : Monday, October 4, 2010

Taekwodok

Beberapa hari lalu gw melihat berita yang menyiarkan tentang tawuran di pengadilan daerah jakarta selatan. Dikabarkan 3 orang tewas,beberapa luka-luka dan bahkan kapolres pun sampe keserempet pelor. Bengis,sekarang makin banyak orang yang bawa senjata kemana-mana.

Tawuran ngga hanya sebatas bawa ikat pinggang,terus lari maju-mundur kayak nari poco-poco.Levelnya udah naik. So,jangan heran kalo 4-5 tahun lagi,tawuran udah ngga make batu kecil,tapi batu karang. Pistol juga udah diganti jadi rudal saat itu.

Gw pernah beberapa kali ngeliat tawuran,tapi yang paling ekstrim adalah tawuran yang gw liat di daerah ITC ROxy Mas. Waktu itu gw baru aja pulang sehabis main bola.Pas lagi nungguin bajaj,gw liat ada 1orang yang dipalakin ama segerombolan anak SMA. Udah dikasih duit,tapi masih aja digebukin rame-rame. Tragis.

Ngga lama kemudian,temen-temen dia dateng buat ngebantuin. Beberapa orang keliatannya udah berpengalaman tinggi dalam hal tawuran. Buktinya tas dia bukan berisi buku pelajaran,melainkan perkakas perang. Sesaat kemudian,tawuran pun resmi dibuka. Batu pertama telah dilemparkan. gw kabur.

"Serem juga yah,kalo gw yang digebukin rame-rame kayak gitu..", Kalimat itu yang terus-terusan ada di kepala gw saat di dalem bajaj. Masih kebayang kejadian yang barusan gw liat. "Mungkin ini saatnya gw harus belajar ilmu beladiri"

Apakah gw emank harus belajar beladiri? Apakah beladiri benar-benar bisa ngebantu gw saat mengalami kejadian yang sama? Seorang temen gw yang sabuk hijau Taekwondo pernah bilang gini ke gw,

"Yo,ikutan Taekwondo aja bareng gw.. Minimal-minimal lu kalo berantem,bisa kayak gw.",kemudian dia ngeluarin jurus Ap Chagi nya di depan gw. Wuih! keren cuy!

(bagi yang belum tau,Ap Chagi itu jurus tendangan yang mengarah ke kepala. Semacam jurusnya Hwoarang di game Tekken itu loh)

Hwoarang( Watchaaaaa….!!! )

"Mantap! kalo gw bisa jurus itu juga,gw pasti aman. HuaHuaHua..",sepertinya gw udah mendapatkan solusinya.

Besoknya gw sempatin deh buat nonton temen gw latihan. Ternyata rame juga yang ikutan kelas itu. Mungkin ada sekitar 30an orang yang lagi baris-baris pas gw nyampe disana. Sekilas keliatan kayak anggota paskibra lagi latihan naikin bendera. Bedanya,mereka pake seragam yang lain.

Dipertengahan latihan,sesi sparing pun dimulai. Murid-murid kemudian dipanggil secara berpasangan oleh Saubem (pembina). Teknik-teknik keren yang di tunjukkan mereka benar-benar membuat gw berdecak kagum. Ada yang nendang sambil terbang. Ada yang keluarin jurus pitingan. Ada yang nyusruk nyium matras. Cool men!

Selesai latihan,temen gw nyamperin gw. "Eh,gimana Yo? mau ikutan ngga lu..?",tanya dia.

"Mau..! Mau..!,berapa duit pendaftarannya?",gw menjawab dengan mengebu-gebu.
"Murah koq,cuma 100rb udah sekalian sama seragam dan kartu anggota",dia berhenti sebentar buat minum terus bilang lagi,"Kalo lu mau,sekarang juga udah bisa daftar. Tuh sama yang botak itu tuh.",dia nunjuk-nunjuk orang yang dia maksud.

Sebenarnya,gw mau sih langsung daftar waktu itu. Cuma berhubung lagi bokek,mau ngga mau gw harus nabung dulu. Maklumlah,namanya juga kantong anak sekolahan. hehe..

"Minggu depan deh gw daftarnya.. Sekarang belum ada duitnya",gw menjawab sambil cengar-cengir.
"Oh..,ya udah",katanya.

Niat udah gede, tekad juga udah bulat. Gw pun mulai nabung sejak saat itu. Tapi ngga sampe 1 minggu,gw udah berubah pikiran. Bukan..,bukannya karna gw ngga ada celengan,atau karna depan rumah gw ada galian Telkom (apa hub-nya??), tapi karna kejadian tragis yang gw liat dengan kepala mata sendiri.

Kejadian bermula pada hari ke-4 sejak gw ketempat latihan temen gw. Saat itu gw lagi pulang sekolah. Biasanya sih naik bajaj,tapi berhubung lagi proses nabung,gw akhirnya milih jalan kaki lewat gang aja. Di tengah jalan, samar-samar gw ngeliat ada 2 orang yang lagi berantem. Kejadiannya sekitar 10 meter di depan dan gw pun berhenti karna takut.

Saat itu sepi banget,paling cuma ada 1 warung di belakang posisi gw berdiri. Itupun abangnya ngga keliatan batang hidungnya. Maka gw memutuskan untuk latihan upacara disana,"Istirahat ditempat GRAK!!". Gw jongkok di depan pintu rumah orang,sambil nontonin mereka berantem dari jauh. Kemudian gw memeriksa isi tas gw.. sial..!!,ternyata gw lupa bawa popcorn. hmm..

Dari jauh,keliatan beberapa kali mereka gantian jatuh. Entah kena gebok atau kepleset. Tapi yang jelas,gw bosen nungguin disini. 2menit berasa 2tahun lamanya. Gw ngeliatin kanan-kiri sambil berharap ada orang yang lewat,ngeliat kemudian melerainya. Tapi ngga ada sama sekali yang lewat saat itu.

Terus terang aja yah,gw bukannya takut melerai mereka. Gw cuma ngga berani. (sama aja!).

Akhirnya,Tuhan menjawab doa gw dengan cara yang lain. Sesaat kemudian,gw dikagetkan oleh sebuah suara teriakan.

"AAaaaAAAaaa…!!",Gw liat salah seorang lagi ditunggangi sambil dijambak-jambak rambutnya. "Wew,ributnya udah kayak cewek aja. Dari tadi ngga ada seru-serunya",gumam gw dalam hati.

Teriakannya makin kenceng dan melengking,"AAAAAAAaaaaaAAAAAAA..!!!",warga udah mulai dengar,terus pada keluar rumah. Gw juga keluar dari tempat pengasingan.

Mereka langsung berhenti berantem,jambakan dilepas. Yang tadi dijambak pun langsung buru-buru kabur,sisa 1 orang yang masih disana. Gw bareng-bareng warga nyamperin tuh anak yang keliatannya terkulai lemas gara-gara kejadian tadi.

Anehnya,semakin dekat gw berjalan ke tempat tuh anak,semakin kuat juga perasaan bahwa gw kenal sama dia. Dan ternyata feeling itu benar!,dia itu temen gw yang sabuk hijau Taekwondo. Di otak gw langsung muncul banyak pertanyaan,

"Berarti yang tadi berantemnya jambak-jambakan itu dia..?"
"Berarti yang berantem nya kepleset mlulu itu juga dia..?"
jawabannya,"Capcay goreng..!"

"Mana jurus pitingan maut nya?"
"Mana jurus tendangan sambil terbangnya?"
"Mana Ap Chagi nya?"
jawabannya,"Taekwodok lah..!"

Ternyata,kalo lagi berantem dalam kondisi kayak tadi,tetap aja ngga nolong. Masih mending jurus langkah kaki seribu gw.

Parahnya lagi,pas gw samperin, dia malah bilang gini ke gw,

"Datengnya telat lu..!,gw barusan aja berantem ama 2 orang yang nodong gw"

Gw bisa aja jawab "Hah? 2 orang? ngga salah tuh?,gw daritadi ngeliat lu berantem kali",tapi berhubung gw orangnya baik hati,sederhana dan rendah kolesterol, maka gw menjawab dia lain.

"Oh yah..?,terus dia orang kemana?",gw belagak ngga tau.
"Udah pada ngibrit",jawabnya.
"Terus lu ngga kenapa-napa kan?"
"Ya ngga lah,gw gitu loh.. lu ngga ngeliat sih Yo pas tadi 1 orang gw Ap chagi. Puyeng,puyeng deh tuh pala",dia masih aja sempet ngibul depan gw.
"Oh, yodahlah,yang penting lu ngga kenapa-napa. Dah,pulang yuk.",ajak gw.
Sambil ngambil tas,dia terus jawab "Yuk!"

Gw berdua pun pulang bareng,tapi muter lewat jalan lain.

Ditengah jalan,dia nanya ke gw,"Yo,duit lu udah kekumpul belum buat latihan Taekwondo?"

Saat itulah,gw dengan mantap menjawab,"Gw ngga jadi ikut..!!!"

Besoknya,duit tabungan Taekwondo pun berganti nama menjadi  "Dana sewa komik dan VCD".

Do you like this post? You can share it with your community..
Dapatkan update artikel lewat email

Artikel Terkait

2 comments:

apaan tuh?? TAEKWODOK..

April 28, 2016 at 10:07 PM Visitor
Anonymous said...

Bang ini kisah koq mirip yg g alamin ya.....

My Tweet

 
Site Meter
© 2008 Blogger Abstrak | Template by : O-zone | Owner : Angga Leoputra