Tempat Berbagi Berita, Cerita dan Derita

Kategori Yang Kalian Suka

Post ini diterbitkan pada : Tuesday, November 23, 2010

Template Valid XHTML Untuk Pengguna Blogger

Bagi kita yang menggunakan mesin dari blogspot/blogger sebagai hosting, tentunya permasalahan mengenai ketidakvalidan template blogger udah menjadi hal yang ngga asing lagi bukan?. Melalui pengujian menggunakan tools online validator w3, ditemukan banyak sekali pesan kesalahan dari kode CSS default blogger, beserta juga kode external database mereka.

Disini, bisa dikatakan bahwa platform Blogger sangat tidak ramah untuk robot search engine, dan ini akan menjadi masalah besar jika ketidakabsahan tersebut, akhirnya membuat blog kita tidak diindeks dengan baik oleh search engine.

Dengan tujuan tersebutlah, gw memutuskan untuk membuat kerangka blogger template yang lebih search engine friendly untuk digunakan. Tidak hanya untuk gw pribadi, tetapi untuk semua blogger lainnya.

Apa yang berbeda?

Secara umum, kerangka ini masih memiliki struktur yang sama dengan yang asli dari blogger, karena gw ngga mengubah strukturnya sama sekali. Apa yang gw lakukan hanya mengganti beberapa kode yang error dengan kode yang lebih valid.

Masalah lebih rumit terjadi pada navbar asli dari pihak blogger. Gw pikir ngga akan ada cara lain untuk membuatnya valid, kecuali menghapusnya. Itu satu-satunya cara yang bisa dilakukan, dan masalah yang sama juga terjadi pada form komentar Blogger.

Pertimbangannya, jika kita menggunakan form komentar asli pada halaman artikel, maka sudah dipastikan blog kita ngga akan valid XHTML. Tapi tenang aja, di template ini, gw udah mengurangi error pada form komentar sampai ke batas yang paling maksimal koq.

Hanya ada 2 error dan 3 warning yang tersisa, dan ini adalah yang terbaik sepengetahuan gw. Soalnya, template-template lain yang katanya valid juga.. semua hanya mentok sampai ke angka 10-16 error dan 8-13 warning.

Apa sih yang membuat ada 2 error tersisa?, penyebabnya adalah penggunaan huruf besar dalam database id Blogger. Yah, semoga pihak blogger bisa cepat memperbaiki masalah ini.

Ini adalah preview dari struktur template:

Struktur template valid XHTML

( Klik pada gambar dibawah ini, untuk melihat halaman live previewnya )

Untuk memeriksa kevalidan XHTML template, silakan kunjungi , dan masukkan alamat URL blog kalian pada kolom yang disediakan.

cek valid xhtml template blogger

 

Term of use

Dengan men-download dan menggunakan template dari kami, maka sobat setuju dengan peraturan berikut ini :
1. "Valid XHTML Silver" gratis untuk di download.
2. Sobat tidak boleh menjual template ini kepada orang lain atau perusahaan lain tanpa izin dari kami.
3. Sobat tidak diperkenankan untuk menaruh link download template ini pada hosting lain. Silahkan membuat link ke halaman blog ini.
4. Sobat diperbolehkan untuk mengubah sebgaian ataupun semua bentuk template.
5. Sobat dapat menggunakan template kami untuk penggunaan pribadi atau untuk perusahaan.
6. Sobat tidak diizinkan untuk menghapus link kredit kami pada bagian footer template.

Hanya itu aja koq.. ngga banyak-banyak. ^^

Kalo udah mantap, kalian bisa mendownload template ini melalui link berikut ini :

[Penting] – Baca tutorial pemasangan nya terlebih dulu di post ini :
http://anggaleoputra.blogspot.com/2010/11/cara-memasang-template-valid-xhtml.html

Bila ada kesulitan dalam mengaplikasikannya, jangan ragu-ragu untuk meninggalkan pesan.

Do you like this post? You can share it with your community..
Dapatkan update artikel lewat email

Artikel Terkait

17 comments:

Gan Mantap Neh Template Nya...Valid XHTML...
Follow Balik Yah Gan...Ditunggu Kunjungan Baliknya...
Terima Kasih.

kereennnnn aku downlaod yhaaaa.... mantabbbb tapi bisa ditambah emotion ngak??
karena template aku yang dulu aku download disini ngak bisa pakek emotion di ataas kotak komentarnya.... mohon pencerahannya..

Khairul, kalo untuk template valid ini, belum pernah di test tentang emoticon. Nanti ane coba deh.. atau situ udah coba ngotak-ngatik duluan? :)

Beneran Nih Valid Pake XHTML Doktip Transitional

Saya Minta Donk Design Blogger Template Yang Pake HTML5 Plus CSS3

E-Mail Saya Yah ... nurulimam17@gmail.com

gan ane mau nanya lagi, maklum newbie, knp bisa ya gan file css yang saya simpan di google code malah tampilan blog saya hancur, caranya gimana ya?

June 4, 2011 at 5:01 PM Visitor
Anonymous said...

gan udah ada update an nya belom utk template ini? utk newbie tinggal pake doang di jamin joss ngga gan? thanks xmstplnx

Alhamdulillah..
Ada orang baek...tak download,tak pake ,tak coba
Makasih Sekali lagi

di coba dulu gan templatenya..buat cadangan..thx

ini baru template.... terima kasih mas

kok sya cek di validator w3 ktanya ada invalid markup carakter ya gan coba di cek lagi dong

lumayan ringan, cepet. cuman kok kalo dipakein readmore otomatis, page statis tetep aja pada kondisi read more. sebagai gambaran saya pake di http://ahmadnurshoim.blogspot.com
mohon pencerahannya biar tetep bisa readmore otomatis tapi kepake juga buat page statis. kalo ga keberatan email saya: ahmadnurshoim@ymail.com

mohon maaf, sampel page statis saya:
http://ahmadnurshoim.blogspot.com/p/imsakiyah.html
trims

mas tolog dong template yang ringan seo friendly
menarik

ini kan buatan sabar muanas dari infonetmu?

Rudy Hartono : liat aja tanggal post nya bos.. ketauan siapa pembuat template aslinya>> kan bisa di cek >> ^^

ijin pakai ya?

Silahkan..

My Tweet

 
Site Meter
© 2008 Blogger Abstrak | Template by : O-zone | Owner : Angga Leoputra