Tempat Berbagi Berita, Cerita dan Derita

Kategori Yang Kalian Suka

Post ini diterbitkan pada : Wednesday, February 18, 2009

20 Kiat Berjiwa Besar

Berpikir besar

Kebebasan jiwa dan pola pikir kita tidak diperoleh melalui pendidikan akademik,tetapi tumbuh dari setiap pengalaman-pengalaman yang kita lalui.Teori memang dibutuhkan dalam pengenalan,namun yang paling berperan selanjutnya adalah Praktek nya.Sehingga bisa kita artikan bahwa,semakin banyak kita melatih diri kita untuk berjiwa besar,semakin cepat pula proses pengembangan kepribadian kita.Tentunya hal tersebut akan membawa kita menjadi pribadi lebih di sukai lagi oleh orang.Nah,kira-kira bagaimana sih sikap dan pola pikir yang bisa membentuk kita menjadi pribadi yang “Berjiwa besar” tersebut..?Yuk kita sama-sama mempelajarinya.. Happy



1. Beranilah mengakui kesalahan yang kita perbuat – Hanya orang yang berjiwa kerdil yang suka menyembunyikan kesalahannya dan menjadikan orang lain sebagai kambing hitam.

2. Belajarlah untuk memaafkan kesalahan orang lain – Hanya yang berjiwa besar dapat memaafkan,orang yang lemah cenderung mudah membenci dan menyalahkan orang lain.

3. Berani bertanggung jawab atas apapun yang kita lakukan dan katakan – Orang-orang dengan sikap buruk biasanya tidak berani bertanggung jawab.

4. Tingkatkan terus rasa percaya diri kita – Hindari kebiasaan yang suka membandingkan diri dengan orang lain.Mungkin mereka lebih hebat dan pandai,tetapi semua itu bukan sebagai tolak ukur untuk menilai kita berarti atau tidak.

5. Berusahalah untuk tetap bersikap tenang dalam situasi dan kondisi seburuk apapun – Hindari pengambilan keputusan yang tergesa-gesa ketika pikiran dan perasaan kita sedang tidak menentu,apalagi dalam keadaan emosional.

6. Belajarlah untuk bersikap rendah hati – Jauhi kebiasaan menyombongkan diri atas prestasi atau keunggulan apapun yang kita miliki.Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing.

7. Beranilah mengakui kekalahan,kelemahan dan keterbatasan kita – Pelajari letak kesalahan kita dan perbaiki.Hal itu akan membawa kita ke arah yang lebih positif.

8. Bersikaplah optimis – Pandanglah masa depan dengan penuh harapan dan impian.Percaya bahwa kita akan berhasil,maka kita akan berhasil.. demikian juga hal yang sebaliknya.

9. Biasakan diri kita untuk tidak takut mengambil resiko – Kenyamanan tidak akan membawa pelajaran kehidupan untuk kita.

10. Bersikaplah tegas dalam membela hak-hak kita.Jangan takut terhadap penolakan dan jangan alergi terhadap perbedaan – Jangan berusaha menyenangkan orang lain yang sampai mengorbankan harga diri.Jangan merasa tidak enak dengan sikap pro dan kontra selama kita berdiri pada prinsip yang benar.

11. Jangan takut gagal – Kegagalan memberikan banyak sekali pelajaran yang berharga.Orang yang berjiwa besar biasanya di besarkan oleh kegagalan,tapi sebaliknya,orang yang berjiwa kerdil umumnya di lumpuhkan oleh kegagalan.

12. Berpikirlah besar,milikilah impian yang besar dan berharaplah yang terbaik – Bahkan ketika kita mengalami kenyataan yang sebaliknya, BERTAHANLAH !! biarkan kebesaran jiwa anda teruji oleh berbagai kesukaran.

13. Terimalah dengan lapang dada setiap kritik yang datang – Apapun bentuknya,sebenarnya kritik itu merupakan pemberian yang sangat berharga untuk pengembangan diri kita.Seharusnya kita berterima kasih kepada orang yang sudah mau memberikan kritiknya.

14. Biasakanlah untuk menghargai prinsip dan keyakinan orang lain sekalipun semua itu berbeda dengan prinsip kita – Picik sekali orang yang menganggap dirinya sudah memborong semua kebenaran.

15. Belajarlah untuk bisa ikut bergembira atas keberhasilan orang lain – rasa iri dan tidak senang atas kesuksesan yang diraih oleh orang lain,mengungkapkan harga diri yang rendah.

16. Belajarlah untuk membuat orang lain merasa bangga dengan dirinya – Bantulah teman kita untuk menjadi lebih percaya diri dan itu hanya bisa di lakukan oleh orang yang berjiwa besar.

17. Belajarlah untuk melihat kebaikan dan keistimewaan orang lain – Jangan memfokuskan hal-hal yang negatif saja pada orang.Disaat yang lainnya selalu melihat yang jeleknya duluan,orang yang berjiwa besar akan memulai nya dari hal yang sebaliknya.

18. Belajarlah untuk menerima orang lain sebagaimana adanya – Jangan berusaha menuntut orang untuk berubah sesuai dengan kehendak kita.Coba bayangkan bila sebuah tim sepakbola pemainnya kiper semua?

19. Belajarlah untuk melihat semua persoalan dengan proposional – Hindari kebiasaan memperbesar masalah yang kecil.Jangan biarkan diri kita menjadi pusing dengan hal-hal yang sepele.

20. Peka terhadap situasi – Bertindaklah sesuai kewajaran dan kondisi.Bisa kita bayangkan kalau di tengah acara pemakaman,disaat yang lain tengah berkabung,kita malah menyanyikan lagu happy birthday? Big Grin

“Kebesaran jiwa bisa kita kembangkan dengan kemauan dan ketekunan.Tidak perduli siapa kita,berapa umur kita,jenis kelamin kita,ataupun kekayaan kita.Yang terpenting adalah kemauan kita untuk berkembang menjadi lebih baik lagi di setiap harinya.”

Akhir kata,saya sekalian ingin berterima kasih kepada:

  • Kang Rohman yang melalui tutorialnya telah banyak sekali membantu saya yang masih pemula ini.
  • Hendri yang sudah bersedia menjawab segala pertanyaan “aneh” saya mengenai blog.Hebatnya,dia bisa jawab semua.. hehe ^^
  • Sarang Penyamun yang sudah memberikan banyak masukannya untuk blog ini.
  • Aalil atas sharing ilmunya selama ini.. terutama mengenai virus.. ^^
  • Fuadidaud atas tukar idenya yang keren-keren melalui blognya.
  • Kang joko,Khrisna,dan Exelinca atas sharing info bisnis onlinenya.
  • Dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan semua..

Thank’s All !!Big Hug



Do you like this post? You can share it with your community..
Dapatkan update artikel lewat email

Artikel Terkait

2 comments:

direkomendasikan bwt para pecundang sana.. Ini adalah vitamin untuk jiwamu yg lemah!! Segera praktekan..

numpang copas yah?? bwt bkin stts di fb..

Ads

My Tweet

 
Site Meter
© 2008 Blogger Abstrak | Template by : O-zone | Owner : Angga Leoputra