Tempat Berbagi Berita, Cerita dan Derita

Kategori Yang Kalian Suka

Post ini diterbitkan pada : Friday, October 8, 2010

Membaca Bahasa Tubuh Seseorang

Well,postingan kali ini gw pengen coba tuker pikiran tentang "Bahasa Tubuh". Bukan bahasa tubuh yang ecek-ecek lho,seperti orang kalo mabok jalannya miring-miring,atau orang kalo tidur matanya merem. Bukan,bukan yang kayak gitu. Tapi ini "Bahasa Tubuh" yang lebih mendalam secara harafiah dan ilmiah.(tunggu,harafiah itu apa sih?). Ah,forget it man!,gw lupa nyari dulu dikamus sebelum nulis ini. Kita langsung ke topik aja kalo gitu..

Sebelum kerja sebagai design grafis seperti sekarang,dulu gw pernah bekerja di bidang marketing. Dan salah satu buku wajib dikantor gw adalah buku mengenai "Bahasa Tubuh". Kenapa buku itu benar-benar dianggap penting?karna buku itu mengajarkan caranya membaca mood atau pikiran seseorang,dari gerak-gerik tubuhnya.

"Kemampuan membaca bahasa tubuh sangatlah berpengaruh pada tingkat berhasil atau tidaknya sebuah penjualan",atasan gw bilang begitu sambil nyodorin bukunya. Dan berhubung gw memang suka baca buku,maka gw menerimanya dengan mengebu-gebu.

Butuh waktu dua hari buat habisin tuh buku. Dan pada akhirnya,buku itu juga yang membuat gw jadi punya kebiasaan aneh. Gw jadi suka perhatiin gerak-gerik orang,terus gw samakan sama apa yang ditulis dibuku. Macem detektif,setiap orang yang dekat gw,pasti gw analisis bahasa tubuhnya.

Otak gw kayaknya terlalu ambisius dalam menanggapinya. Rumus yang ada di pikiran gw cuma satu.

Ngga bisa baca bahasa tubuh = Susah menjual produk
Susah menjual produk = Omset sedikit
Omset sedikit = Gaji sedikit
Gaji sedikit = Akhir bulan makan batu bata (lagi)

Karna rumus itulah hidup gw perlahan jadi ngaco. Lagi ngumpul sama temen,bukannya ngobrol,eh gw malah bengong sendirian dipojok sambil ngawasin gerak-gerik orang. Dirumah pun begitu. Korbannya ya tentu aja adik gw yang paling kecil (waktu itu masih umur 2thn). Sekilas gw udah terlihat kayak penculik anak kelas kakap.

Untungnya,semakin hari kebiasaan gw itu udah semakin menghilang. Gw udah semakin lihai membaca bahasa tubuh orang. Masa-masa kelam seperti dituduh copet,gara-gara merhatiin ibu-ibu di angkot pun telah lewat. Sekarang,gw udah masuk ke tahap rampok. (huss!! fokus,fokus, jangan bicarakan profesi aslimu leo!)

Sorry,hampir aja keceplosan.. kita kembali lagi ke tanktop,eh laptop.

Setelah banyak menganalisis gerak-gerik orang,gw menemukan beberapa bahasa tubuh yang ngga diajarkan di dalam buku (bahkan gw baca sampai 5 judul,tapi ngga ada yang bahas). Materi-materi setiap buku kurang lebih sama aja. Tapi yang paling penting adalah,kegunaannya.Ngga hanya dalam lingkup kerja aja,tapi bisa di pakai ke semua ruang lingkup kehidupan kita. Bagi gw, ini sungguh sangat berguna.

Sedikit contoh tentang membaca bahasa tubuh,adalah ciri-ciri orang berbohong..,

1. Menutup hidung.
Hal ini paling sering digunakan oleh anak kecil ketika berbohong,tapi orang dewasa pun biasa memakai trik ini. Ini terjadi ketika apa yang diucapkannya tidak sama dengan apa yang ada di hatinya. Secara reflek tangan akan mencoba menutupi mulut yang mengeluarkan kata tersebut.

Biar ngga bingung membedakan mana yang tutup hidung karna bau dan mana yang karna berbohong,maka gw akhirnya membayar beberapa model untuk di sketch gambarnya.

bohong bohong2

Anak kecil menggunakan kedua telapak tangannya,dan orang dewasa lebih pintar dalam mengkreasikan gayanya.

Sebelum kita masuk ke ciri ke-dua, gw mau ralat. Masalah model nya itu boong hehe.. , lanjut.

2. Mengalihkan pandangan matanya.
Saat berbohong,mata akan selalu berusaha melihat ketempat lain. Mata adalah jendela jiwa. Dan karena itulah seseorang yang lagi berbohong cenderung ngga berani bertatapan mata secara langsung. Kebanyakan akan mengarahkan matanya ke arah kiri atas alis. Kenapa? karna ketika mengarahkan mata ke arah kanan atas alis,memori otak akan otomatis langsung bekerja dan menentang kebohongan. Praktekkan sendiri.

Masih buaaaaanyak lagi sih tentang membaca bahasa tubuh. Ada bahasa tubuh "Kekuasaan","Sedih","Marah" dan yang lain. Paling pentingnya,ada cara membaca bahasa tubuh "Ketertarikan". Sobat bisa tau apakah seseorang suka sama sobat atau ngga,hanya dari membaca bahasa tubuhnya. Seru deh pokoknya. Cuma,gw ngga bisa tulis di post ini.. takut panjang postingan ini nanti bisa ngalahin jarak dari sunter ke monas.

Sebagai gantinya,gw udah menyaring beberapa ebook yang membahas mengenai bahasa tubuh. Dan hasilnya,gw rasa ebook yang gw lampirkan ini,adalah yang paling gampang dimengerti gaya bahasanya. Sebenarnya gw pengen cari buku yang dulu gw baca itu lho,cuma gw lupa judulnya.. hehe.. mungkin next time nyusul deh,gw mau hunting dulu.

Sobat bisa mendownload ebook tentang bahasa tubuh tersebut lewat link berikut:
http://www.ziddu.com/downloadlink/11989883/Ebook-MembacaPikiranOrangLewatBahasaTubuh.zip (1,8mb)

Untuk membacanya diperlukan software khusus.
Bisa didownload melalui link http://www.ziddu.com/download/11990129/DjVuSolo3.1-noncom.exe.zip.html (2mb)

Sebelum gw akhiri , gw pengen kasih tau tentang bahasa tubuh yang gw temukan dari hasil analisis gw.. dan ini belum gw temukan di buku manapun yang pernah gw baca.

Kebanyakan gw liat, orang yang sedang bingung selalu menggaruk bagian belakang kepalanya sebanyak 5 kali. Beneran lho. Selalu 5 kali,ngga lebih dan ngga kurang. 90% orang yang gw liat begitu,termasuk gw sendiri. Gw juga selalu melakukan hal yang sama tanpa gw sadari.

Setiap kebingungan,tangan gw secara reflek bergerak sendiri ke arah belakang kepala (Dekat leher dan daun kuping bawah) , terus garuk-garuk 5 kali,kemudian stop gitu aja. Ada yang ngerasa juga ngga sih? atau cuma gw dan makhluk-makhluk di sekitar gw doank yang begitu? hmm.. membingungkan.

Do you like this post? You can share it with your community..
Dapatkan update artikel lewat email

Artikel Terkait

2 comments:

Informasi Terhangat tentang 7 kejadian langka dan spektakuler di seluruh dunia, ikuti update-an nya setiap hari.. Keep stay tune!!

This comment has been removed by a blog administrator.

Ads

My Tweet

 
Site Meter
© 2008 Blogger Abstrak | Template by : O-zone | Owner : Angga Leoputra