Tempat Berbagi Berita, Cerita dan Derita

Kategori Yang Kalian Suka

Post ini diterbitkan pada : Thursday, November 18, 2010

Mempercepat Loading Form Komentar

Selain mengandung banyak error dan ngga valid XTML, sebenarnya form komentar default blogger juga mempunyai permasalahan lain. Terdapat kejanggalan dalam cara penulisan kode pemanggilan iframe form tersebut. Kenapa gw bilang janggal ?, karna pemanggilan iframenya dibuat terpisah menjadi dua bagian.

formkomentar

Kode src yang biasanya digunakan untuk memanggil data external, entah kenapa dibuat terpisah dengan tautan link menuju halaman form komentar yang asli di Blogger. Dan ini membuat loading form komentar menjadi lambat.

Efeknya mungkin ngga akan terlihat ketika pengunjung membaca konten post kita sampai habis terlebih dahulu. Why?, karna saat dia selesai membaca artikel, form komentar memang udah berhasil di loading dengan sempurna. Tapi, kalo kita bandingkan lama loading form komentar dengan widget-widget lainnya, dijamin pasti akan terlihat seberapa lemotnya iframe tersebut.

Seringkali, elemen sidebar lebih duluan tampil dibanding form komentar. Hal ini tentu saja membingungkan, karna seharusnya, form komentar adalah elemen yang tampil pertama kali setelah konten post, sesuai dengan letak kodenya yang berada persis dibawah kode main post blog. Baru setelah itu, kode sidebar dan footer.

Dan kalo blog kalian mengalami masalah yang persis seperti pembahasan sebelumnya, berikut ini ada cara untuk memperbaiki "kejanggalan" form komentar tersebut.

1. Masuk ke menu Edit HTML blog kalian, kemudian berikan tanda centang (check mark) pada kolom Expand Widget Template. (jangan lupa untuk membackup blog terlebih dahulu, untuk berjaga-jaga dari kesalahan nantinya)

2. Carilah kode seperti ini di template kalian :

<a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>
<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='' width='100%'/>

3. Perhatikan kode diatas. Kode data:post.commentFormIframeSrc dan src yang seharusnya bisa ditulis bersamaan, malah dibuat terpisah, dengan target src iframe yang dibiarkan kosong.

Dan karna browser biasanya cenderung lambat dalam merespon kode src yang null alias kosong, maka kita harus mengganti struktur penulisannya menjadi lebih benar. Bagaimana caranya?

--> Pindahkan kode data:post.commentFormIframeSrc kedalam target src yang kosong, seperti ini :

<a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>
<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='data:post.commentFormIframeSrc' width='100%'/>

--> Selanjutnya, hapuslah kode <a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>

Sekarang kode form komentar kita sudah lebih singkat :

<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='data:post.commentFormIframeSrc' width='100%'/>

4. Save template, dan cek kinerja form komentar kalian sekarang.

Do you like this post? You can share it with your community..
Dapatkan update artikel lewat email

Artikel Terkait

9 comments:

penyebab lambatnya kolom komentar itu sebenarnya apa ya gan?tlg bisa di jelaskan lebih deteil lagi..terimakasih..http://anggaleoputra.blogspot.com/2010/11/mempercepat-loading-form-komentar.html

Mobil Keluarga : Penyebabnya ada pada iframe yang dibuat terpisah. Seperti yang sudah di jlaskan pada tutorial diatas, kode pemanggilan terjadi 2x.. dan ini yang menyebabkan form komentar menjadi lambat.

dah aq coba sob kok form komentarnya malah ngilang entah kmana ? akhirya y aq balikkan lagi

Ini dia yang saya cari... FULL HELP TIPS FOR ME. THANKS ternyata ada disini

Mas Leo
Saya ga ada kode 'data:post.commentFormIframeSrc' itu, gimana ya?
Saya pake templates black transform

April 17, 2011 at 8:50 AM Visitor
Anonymous said...

bro...comment form saya ngilang bro...gimana ini??

sesat......malah ngilang kotaknya

wkwkwkwkw atas sy kasian XD

Informasi Terhangat tentang 7 kejadian langka dan spektakuler di seluruh dunia, ikuti update-an nya setiap hari.. Keep stay tune!!

My Tweet

 
Site Meter
© 2008 Blogger Abstrak | Template by : O-zone | Owner : Angga Leoputra